Tuesday, November 16, 2010

Dasar Membuat HTML

Apakah sebenarnya HTML?

HTML (Hyper Text Markup Language) adalah bahasa yang halaman web yang ditulis. Hypertext adalah bahasa, yaitu bahasa yang memungkinkan Anda menulis teks dengan cara yang terstruktur, yang terdiri dari tag, yang menandai awal dan akhir setiap elemen dari dokumen. Sebuah dokumen hypertext terdiri tidak hanya teks, dapat berisi gambar, suara, video, dll., Jadi hasilnya dapat dianggap sebagai dokumen multimedia.
Dokumen HTML harus memiliki ekstensi html atau htm, sehingga mereka dapat ditampilkan dalam browser (program yang memungkinkan halaman web untuk dilihat). Browser bertanggung jawab untuk menafsirkan dokumen HTML, dan menunjukkan pengguna halaman web yang dihasilkan dari kode ditafsirkan.

bagaimana memulai membuat website?
cuma 3 step kok: 1.buka editor notepad, 2.terus ketik kode html, 3.simpan dengan format .html (contoh: tes.html)

selain pake notepad,kalau mau lebih keren pake notepad plus plus (download disini: http://sourceforge.net/projects/notepad-plus/ -->free), atau mau yg super cangih pake macromedia dreamweaver (donwload disini: http://www.adobe.com/products/dreamweaver/ -->not free )

langkah membuat web dengan notepad :
1.buka notepad di start - program -accesories - notepad.
2.lalu masukan kode dan tag html sebagai berikut :










3.lalu Simpan dokumen dengan menu File - Save As dengan ekstensi html, nama filenya misalnya "belajar.html".Jika anda mengklik dua kali pada file icon belajar.html, secara otomatis akan terbuka di browser Anda.


selain yg telah disebutkan diatas , masih banyak tag html yang lain, semua ini taruh di dalam tag body
























Demikian dasar dasar html dari saya , semoga membantu