Saturday, September 18, 2010

Genso Suikoden

Ohayou gozaimasu minna san!

Sekarang Shidiq mau kasih tau minna san ttg game favorite shidiq, oh ya ini copas dari wikipedia minna san ^^ well check this out!





Suikoden (bahasa Jepang: 幻想水滸伝, Genso Suikoden) adalah serial permainan konsol berjenis RPG(permainan peran) yang dikeluarkan oleh Konami untuk konsol permainan Sony Playstation. RPG Suikoden dibuat dengan mengambil unsur 108 Stars of Destiny dari roman dan novel Republik Rakyat Cina Tepi Air (Jepang: Shui Hu Zhuan, Inggris: Water Margin). Sampai akhir tahun 2007, Konami telah merilis 5 seri utama Suikoden dan 4 seri tambahan (spin-off) Suikoden. Target pangsa pasar utama Konami untuk permainan ini adalah negara Jepang. 



Tema umum


Cerita Suikoden buatan perusahaan Konami ini berkisah seputar intrik politik, revolusi, dan permainan takdir yang ditokohi oleh pahlawan sederhana yang membentuk pasukan melawan kejahatan bersama sekutunya. Berbeda dari kebanyakan RPG, Suikoden memberikan intrik cerita yang realistis seputar politik. Biasanya cerita dimulai dari pemeran utama yang merupakan orang biasa dan lemah, kemudian menggalang kekuatan dalam mengalahkan lawannya.

Suikoden menyajikan banyak karakter yang dapat dimainkan, ini merupakan hal yang membuatnya unik di antara RPG lain. Suikoden terkenal dengan 108 Stars of Destiny yang bisa direkrut. Sistem permainan meliputi pertarungan acak di peta dunia dan dungeon tingkatan level karakter. Suikoden memiliki setidaknya tiga sistem pertarungan yaitu sistem turn-based yang digunakan pada pertarungan acak, sistem pertarungan satu lawan satu (duel), dan sistem strategic turn-based dalam pertarungan antar pasukan. Dalam RPG ini pemain akan membentuk sebuah pasukan dan memiliki markas yang akan bertambah besar seiring perjalanan permainan. Berbagai permainan selingan dan side quest juga ikut meramaikan permainan ini. Penggunaan data memory (save file) dari permainan seri Suikoden sebelumnya juga merupakan salah satu tonggak awal trend bagi permainan video lainnya.

Tidak seperti hampir seluruh serial Final Fantasy(permainan video buatan Square Enix), setiap serial Suikoden berlangsung di dunia yang sama dan setiap cerita berhubungan satu dengan yang lain. Dalam serial Suikoden, sudut pandang cerita tidak hanya tetap dari satu pihak saja melainkan berpindah-pindah tergantung dari latar tempat dan waktu cerita tersebut. Oleh karena itu, tidak aneh apabila ada satu karakter yang muncul dalam lebih dari satu seri dengan peran yang berbeda.

Pemain ditugaskan untuk menyelesaikan permainan yang telah memiliki jalan cerita secara bertahap, terdapat jalan cerita yang harus diselesaikan sebelum menamatkan permainan ini, tetapi ada juga jalan cerita yang hanya sebagai tambahan, salah satunya adalah mengumpulkan 108 tokoh kedalam kelompok pemain. Pengumpulan 108 itu tidaklah harus dan mutlak, tetapi jika kita mengumpulkan seluruhnya maka pemain akan mendapat suatu bonus. Angka 108 sendiri diambil dari roman Tiongkok yaitu Shui Hu Zhuan/Water Margin, dimana pada saat itu terdapat dan terpilih 108 pahlawan yang bersatu dan berkumpul di hall kesetiaan, mereka memimpin puluhan ribu orang, padahal awalnya mereka hanya kelompok kecil. Cerita tersebut tidak jauh beda dengan cerita yang ada pada Suikoden; dari kekuatan kecil mengumpulkan pasukan dan menjadi kekuatan besar mengalahkan musuh.

Pemasaran dan Popularitas

Sebelumnya perusahaan Koei telah membuat permainan yang berjudul sama, dengan menggunakan latar belakang dan sejarah Suikoden asli pada konsol Nintendo. Kemudian Suikoden diambil alih oleh Konami, tetapi Konami membuat isi Suikoden hampir semuanya tidak berdasarkan sejarah asli Suikoden, hanya menggunakan beberapa event dan angka 108 nya yang diambil. Suikoden buatan Konami pertama muncul di konsol permainan Playstation, tetapi kurang sukses karena hampir bersamaan tahun dengan munculnya seri Final Fantasy 7. Final Fantasy saat itu sudah mengalami ketenaran, sedangkan Suikoden baru saja muncul seri pertamanya, apalagi Final Fantasy sudah menggunakan grafik 3 dimensi sedangkan Suikoden masih menggunakan 2 dimensi. Suikoden juga muncul di Sega Saturn tetapi di konsol permainan ini nama Suikoden malah hampir tidak terdengar jika dibandingkan dengan yang muncul di Playstation.

Setelah munculnya Suikoden 2, popularitas Suikoden naik melesat dan menjadi salah satu permainan jenis RPG terbaik versi beberapa majalah dan situs permainan. Keluarnya Suikoden satu seri Suikoden dan seri selanjutnya biasanya berbeda sekitar 2-3 tahun, dan disetiap seri kadang-kadang ada satu sub-seri seperti Suikogaiden vol.1 dan 2, Suikoden tactics. Sub-seri Suikoden memiliki sedikit hubungan cerita yang berkaitan dengan seri utama Suikoden, tetapi mempunyai sistem permainan yang berbeda.

Suikoden 3 adalah satu satu seri yang paling banyak menerima komplain karena memberikan perubahaan yang besar bagi seri Suikoden, salah satu diantaranya adalah perubahaan grafik 2 dimensi ke 3 dimensi, ada pihak yang memberi dukungan tetapi ada juga pihak yang menolak. Suikoden 4 muncul dan juga mengalami kritikan yang lebih besar karena semakin diluar jalur yang menjadi ciri khas Suikoden, salah satunya adalah penggunaan markas di kapal yang dianggap aneh, kemudian Suikoden 4 mempunyai cerita yang relatif sedikit dan pendek.

Umumnya permainan Suikoden buatan Konami muncul di konsol permainan Sony (Playstation dan Playstation 2), dan hanya muncul sekali di konsol Sega Saturn dan Gameboy Advance. Untuk versi jepang, Konami menambah kata Genso(Gensou) di depan, menjadi Genso(atau Gensou) Suikoden.

Pengembang dan Tokoh Penting

Yoshitaka Murayama adalah orang pertama yang menciptakan Suikoden. Ia menulis cerita dan memproduksi Suikoden dari seri pertama sampai ketiga. Noritada Matsukawa menggantikan posisinya sebagai Sutradara Senior mejelang akhir pembuatan Suikoden III dan posisi produser digantikan oleh Junko Kawano yang merupakan perancang karakter untuk serial pertama Suikoden. Hal ini memicu banyak respon dari penggemar, terutama karena skenario yang dibuat pada Suikoden banyak yang menyalahi plot pada serial Suikoden terdahulunya.

Rancangan karakter untuk Suikoden II dan Suikoden III adalah Fumi Ishikawa. Untuk Suikoden I dan Suikoden IV rancangan karakternya ditangani oleh Junko Kawano. Beberapa orang penting lainnya adalah Noritada Matsukawa, Takayuki Kobayashi (programmer), Takahiro Sakiyama (direktur Suikoden V), Kenichiro Okamoto (programmer), dan Hidehito Okamoto (programmer).

Dunia Suikoden

Sejarah Dunia Suikoden

Alkisah terdapatlah "kegelapan" yang kesepian. karena kesepian, "kegelapan" tersebut menitikkan air mata. Dari "tangisan" tersebut, sepasang saudara, Perisai (shield) dan Pedang (Sword) lahir. Perisai berkata ia dapat menangkis segala jenis serangan. Pedang berkata ia dapat membelah menembus apa saja. Kedua saudara tersebut akhirnya memulai sebuah pertarungan legendaris. Pada akhirnya kedua saudara hancur. Pedang menjadi langit, dan Perisai menjadi bumi, pecahan dari pertarungan mereka menjadi bintang. 27 permata yang bertahtakan pada Pedang dan Perisai jatuh ke bumi dan menjadi "27 True Runes".

27 True Runes dan Runes

True Runes adalah entitas yang dianggap memiliki kedudukan sebagai Tuhan/Dewa dalam dunia Suikoden. True Rune memiliki kekuatan luar biasa yang berbeda-beda, True Rune juga memiliki kehendak sendiri dalam memilih pemilik/bearer-nya. Pemilik True Rune akan awet muda (namun tetap menjadi dewasa walaupun dengan 'waktu' yang berbeda dengan manusia normal) dan tidak dapat mati karena sakit ataupun usia, kecuali bila terbunuh dalam pertempuran tentu saja. Karena kekuatan besarnya entitas ini dicari oleh berbagai pihak dan menyebabkan banyak peperangan. Di balik kekuatan luar biasa yang dikandungnya, True Rune biasa juga meminta harga yang mahal sebagai gantinya. 27 True Runes atau dapat diterjemahkan sebagai 27 Rune Sejati adalah sebuah alat sebagai kekuatan besar didalam permainan Suikoden. True Runes dapat dianalogikan seperti Deus Ex Machina karena mereka dianggap sebagai Dewa di dunia Suikoden.

Dalam game, True Rune memiliki 'anak Rune' yang berupa kristal sihir dan memiliki kekuatan sihir yang dapat digunakan pemiliknya. Rune ini dapat dibeli dan diperoleh dari memenangkan pertarungan melawan musuh, dari peti harta di dungeon, atau memenangkan permainan tertentu. Untuk memasangkan rune ke karakter pemain harus menggunakan kemampuan Rune Master/Misstress. Secara umum True Rune dan Rune dapat dipasang di berbagai bagian tubuh, namun di dalam permainan pemain hanya dapat memasangnya di kepala dan kedua tangan. True Rune milik karakter dalam permainan biasanya terletak di tangan kanan.

Daftar True Rune yang pernah muncul adalah :

  • Sun Rune (Suikoden V)

  • Rune of punishment (Suikoden IV)

  • Rune of beginning, dipecah menjadi dua, Bright Shield Rune dan Black Sword Rune (Suikoden II)

  • Rune of Life and Death, lebih dikenal sebagai Soul Eater (Suikoden I)

  • Dragon Rune (Suikoden I)

  • Gate Rune, dipecah menjadi dua Front dan Back (Suikoden I)

  • True Fire rune (Suikoden III)

  • True Lightning rune (Suikoden III)

  • True Earth rune (Suikoden III)

  • True Wind rune (Suikoden III)

  • True Water rune (Suikoden III)

  • Beast rune (Suikoden II)

  • Sovereign rune (Suikoden I)

  • Moon Rune (Suikoden II)

  • Night Rune, dalam wujud pedang yaitu Star Dragon Sword (Suikoden II)

Daftar True rune yg diketahui tapi tidak pernah muncul :

  • Rune of Change

  • Circle Rune

Geografi

Suikoden berlatar di sebuah dunia yang disebut Suiko World. Dunia ini terbagi menjadi beberapa bagian. Peta ini menunjukkan Suiko World pada masa berakhirnya Suikoden III.

Pada seri pertamanya, permainan berlangsung di daerah Toran (yang kemudian menjadi Republik Toran. Suikoden II berlangsung di Jowston, yang kemudian berubah nama menjadi Dunan, dan Highland Kingdom Suikoden III berlangsung di daerah Zexen, Grassland dan sebagian kecil daerah Harmonia. Suikoden IV berlangsung di daerah kepulauan Island Nation sementara Suikoden V berlangsung di negara keratuan Falena. Suikoden tactics bersetting cerita di Island Nations dan Kooluk. Suikogaiden kebanyakan bersetting di daerah Harmonia, dan Jowston. di sebelah utara Toran.

Negara-negara yang telah muncul atau pernah dibahas di Suikoden adalah;

  1. Negara suci Harmonia

  2. Grassland

  3. Federasi Zexen

  4. Republik Toran / Kekaisaran Scarlet Moon

  5. Republik Dunan / Jowston

  6. Republik Tinto

  7. Kerajaan Highland (akhir suikoden 2 menjadi bagian dari Dunan)

  8. Keratuan Falena

  9. Kerajaan New Armes

  10. Kekaisaran Kooluk

  11. Gaien

  12. Nagarea

  13. Zelant

  14. Dukedom Gaien

  15. Island Nation

108 Stars of Destiny

Suikoden menggunakan konsep yang sama dengan sejarah Shui Hu Zhuan, yaitu menggunakan 108 tokoh sebagai pahlawan (kecuali suikoden tactics karena tidak menggunakan cara 108 stars of destiny) . Kita diperbolehkan untuk mengumpulkan 108 orang yang sudah ditentukan sepanjang permainan untuk membentuk suatu koloni. Dari daftar 108 itu ada tokoh yang otomatis bergabung atau wajib bergabung karena memiliki hubungan dengan cerita utama, dan ada juga yang optional (tambahan) boleh kita rekrut atau tidak. Jika kita berhasil mengumpulkan 108 tokoh tersebut, biasanya akan mendapat sebuah bonus tambahan seperti ending spesial. Setiap tokoh 108 ini memiliki jenis bintangnya sendiri sebagai simbolnya. Umumnya pemeran utama dalam permainan ini adalah bintang Tenkai. Seorang tokoh yang keluar lebih dari 1 seri memiliki jenis bintang yang sama pada seri berikutnya, sebagai contoh viki dan jeane. Setiap jenis bintang kadang-kadang mempunyai relasi antar satu dengan lainnya.



Daftar 108 Stars of Destiny
















































































































Star Suikoden Suikoden II Suikoden III Suikoden IV Suikoden V
Tenkai Tir McDohl Riou Genkaku Thomas Lazlo En Kuldes Freyjadour Falenas
Tengou Lepant Ridley Wizen/Boris Wizen Sasarai Lino En Kuldes Raja
Tenki Mathiu Silverberg Shu Caesar Silverberg Elenor Silverberg Lucretia Merces
Tenkan Luc Luc Luc Ted Zerase
Tenyu Humphrey Mintz Humphrey Mintz Dupa Tal Craig Laden
Tenyu Kasim Hazil Hauser Yuber Izak Galleon
Tenmou Kwanda Rosman Kiba Windamier Shiba Axel Boz Wilde
Teni Pesmerga Pesmerga Lucia Selma Nakula
Tenei Gremio Sierra Mikain Yuiri Aldo Lyon
Tenki Warren Teresa Wisemail Salome Harras Schtolteheim Reinbach III Talgeyl
Tenfu Kun To Nina Jimba Chiepoo Eresh/Euram Barows
Tenmen Cleo Sigfried/Abizboah Juan Paula Dinn
Tenko Viktor Viktor Sergeant Joe Kika Kyle
Tensyo Valeria Valeria/Tomo Hugo Keneth Zegai
Tenritsu Griffith Fitcher Bazba Ramada Isato
Tensyo Clive Clive Yun Travis Haswar
Tenan Flik Flik Edge Snowe Vingerhut Belcoot
Tenyu Camille Tsai Yumi Rachel Norma
Tenku Kreutz Jess Fubar Helga Ax
Tensoku Stallion Stallion Nash Latkje Cedric Cathari
Teni Kage Georg Prime Aila Keen Georg Prime
Tensatsu Fu Su Lu Hanna Hallec Gau Ernst
Tenbi Kirkis Shana Ques Laviankaana Killey Chris Lightfellow Gretchen Killey
Tenkyu Milich Oppenheimer Anita Estella Konrad Shula Vayla
Tentai Pahn Feather/Rulodia Cecile Jewel Shoon
Tenjyu Sonya Shulen Nanami Geddoe Katarina Cott Bernadette Egan
Tenken Anji Rina Melville Lo Seng Volga
Tenhei Tai Ho Tai Ho Ace Shiramine Lance
Tenzai Kanak Eilie Alanis Lo Fong Wasil
Tenson Yam Koo Yam Koo Queen Ugetsu Flail
Tenpai Leonardo Bolgan Elliot Lo Hak Orok
Tenrou Hix Hix Franz Rakgi Yoran
Tensui Tengaar Tengaar Iku Rikie Nick
Tenbou Varkas Freed Yamamoto Scott Jango Wilhelm
Tenkoku Sydonia Yoshino Yamamoto Ernie Brec Mueller
Tenkou Eileen Chaco Dios Flare En Kuldes Toma
Chikai Leon Silverberg Klaus Windamier Albert Silverberg Tanya Cius
Chisatsu Georges Gilbert Mua Jeremy Raven
Chiyu Ivanov Tetsu Dominic Gareth Shinro
Chiketsu Jeane Jeane Jeane Jeane Jeane
Chiyu Eikei Wakaba Shabon Lilon Norden
Chii Maximillian Maximillian Fred Maximillian Gary Isabel
Chiei Sancho Genshu Rico Ema Mathias
Chiki Grenseal Camus Percival Fraulein Sigurd Rahal
Chimou Alen Miklotov Borus Redrum Hervey Roog
Chibun Tesla Jude Twaikin Micky Gunde
Chisei Jabba Lebrante Nadir Nabokov Bastan
Chikatsu Lorelai Lorelai Duke Frederica Lorelai
Chitou Blackman Tony Barts Mao Goesch
Chikyou Joshua Levenheit Gijimu Bright Bartholomew Fuwalafuwalu
Chian Morgan Rikimaru Toppo Helmut Richard
Chiziku Mose Gantetsu Beecham Pablo Wabon
Chikai Esmeralda Simone Verdicci Gau Bang Luserina Barows
Chisa Melodye Connell Reed Liloon Rania
Chiyu Chapman Hans Samus Lilen Mohsen
Chirei Liukan Huan Mio Yu Silva
Chijyu Fukien Tuta Tuta Carrie Murad
Chibi Futch Futch Futch Dario Gavaya
Chikyu Kasumi Kasumi/Tomo Lilly Pendragon Millay Hazuki
Chibaku Maas Badeaux Jefferson Reinhold Moroon
Chizen Crowley Mazus Sarah Warlock Levi
Chikou Fuma Mondo Watari Akaghi Shigure
Chikyou Moose Sasuke Ayame Mizuki Sagiri
Chihi Meese Leona Sebastian Ornan Marina
Chisou Sergei Adlai Shizu Manu Babbage
Chikou Kimberly Raura Hortez VII Rene Haleth
Chimei Sheena Sheena Elaine Ameria Nifsara
Chisin Kessler Kinnison Jacques Nico Yahr
Chitai Marco Shiro Joker Wendel Nelis
Chiman Gen Amada Wan Fu Tov Muroon
Chisui Hugo Emilia Eike Phil Alhazred
Chisyu Hellion Zamza Leo Gallen Eugene Bergen
Chiin Mina Karen Roland Lesaurus Mitsuba Miakis
Chii Milia Lo Wen Sharon Lilan Sharmista
Chiri Kamandol Tenkou Nicolas Nataly Zunda
Chisyun Juppo Gadget Gadget Z Nao Sorensen
Chiraku Kasios Annallee Nei Etienne Cornelio
Chitatsu Viki Viki Viki Viki Viki
Chisoku Rubi Koyu Viki (child) Kate Zweig
Chichin Vincent De Boule Vincent De Boule Augustine Nabor Charlemagne Josephine
Chikei Meg Meg Belle Rita Lu
Chima Taggart Mukumuku Koroku Oleg Maroon
Chiyou Giovanni Marlowe Cody Arthur Perrault Taylor
Chiyu Quincy Richmond Kidd Deborah Oboro
Chifuku Apple Apple Apple Agnes Lelei
Chihi Kai Long Chan Chan Kenji Trishtan Genoh
Chiku Lotte Millie Mel Noah Meroon
Chiko Mace Tessai Peggi Adrienne Dongo
Chizen Onil Taki Martha Setsu Fuyo
Chitan Kuromimi Gengen Wilder Nalkul Logg
Chikaku Gon Gabocha Rhett Champo Lun
Chisyu Antonio Yuzu Louis Keeferson Funghi Shun Min
Chizou Lester Hai Yo Mamie Pecola Retso
Chihei Kirke Kahn Marley Ruby Maxine Egbert Aethlebald
Chison Rock Barbara Muto Basil Chuck
Chido Ledon Sid Landis Igor Byakuren
Chisatsu Sylvina Shin Kathy Lilin Kisara
Chiaku Ronnie Bell Oulan Emily Karl Nikea
Chisyu Gaspar Shilo Billy Gunter Linfa
Chisu Window Alex Mike Desmond Faylon
Chiin Marie Hilda Luce Louise Faylen
Chikei Zen Bob Sanae Yamamoto Kevin Subala
Chisou Sarah Ayda/Chucara Anne Pam Urda
Chiretsu Sansuke Pico Goro Taisuke Miroon
Chiken Qlon Alberto Piccolo Nalleo Chisato
Chimou Templeton Templeton Rody Haruto Takamu
Chizoku Krin Hoi Guillaume Oskar Roy
Chikou Chandler Gordon Gordon Chadli Sairoh


Tokoh

Dalam dunia Suikoden terdapat ras - ras lain selain manusia (human) atau biasa disebut demi-human. Berikut adalah ras - ras yang telah diketahui dalam dunia Suikoden:

  • Manusia (Human)

  • Kurcaci (Dwarf)

  • Elf

  • Kobold (ras manusia anjing)

  • Nay-Kobold (ras manusia kucing)

  • Duck Clan (suku manusia bebek)

  • Lizard Clan (suku manusia kadal)

  • Putri duyung (Mermaids)

  • Beavers (ras manusia berang - berang)

  • Winghord (ras manusia burung)

  • Werewolf (ras manusia serigala yang sudah punah)

  • Fishman (bukan ras, tetapi lebih ke mahkluk ciptaan/buatan)

  • Vampire Clan (makhluk yang tercipta hasil pengaruh Blue Moon Rune, hidup terpisah dari dunia manusia)

Berikut adalah tokoh-tokoh penting yang keluar lebih dari 2 seri suikoden;

  • Leknaat, wanita penyihir buta yang selalu muncul dan menghilang tanpa jejak

  • Jeane, wanita penyihir yang terkenal akan keahlian dibidang rune

  • Viki, gadis polos yang sering menghilang dan hilang ingatan tanpa sebab

  • Luc, anak asuhan Leknaat yang memiliki kekuatan magis kuat

  • Futch, anggota dari klan Naga

  • Humprey, anggota dari klan Naga

  • Apple, penasihat yang sering berada disamping ahli strategi terkenal, terutama keluarga silverberg

  • Ted, Penjelajah yang telah hidup lebih dari 300 tahun dengan Soul Eater Rune

  • Pesmerga & Yuber, Anggota Crimson Clan yang misterius dan menggunakan pakaian hitam



Ok, minna san segini dulu aja ya nanti kita lanjutin lagi. Arigatou gozaimasu, Mata ashita!