Friday, February 11, 2011

Perkembangan PSP

artikel ini adalah awal pembukaan dari blog saya kenapa saya pilih psp sebagai artikel pembuka saya? ini karena saya memiliki console psp sekarang dan baru saya beli second pada tanggal 5 febuari 2011, tapi jangan salah walaupun ini second tapi kondisinya masih mulus dan juga permanen hack loh.

bukan rahasia lagi kalo sony play station adalah corporate yang sangat ketat bisa dibilang sangat pelit dalam menjaga consolnya dari game-game bajakan, apalagi emulator di pc lumayan susah untuk menjalankannya. pada psp 1000 dan 2000 terdapat tempat UMD untuk memainkan game psp namun dikarenakan hargan kaset UMD yang original sangat mahal di indonesia sekitar RP.500.000,00 per kaset maka banyak orang bermain game lewat memori stick pro duo filenya bertipe iso.  saya saja memainkan game psp lewat memori stick karena memang saya tidak punya dana yang mencukupi untuk membeli game ori bayangkan saja jika kita membeli game psp yang original 4 buah saja, maka anda akan mendapatkan 1 buah console psp atau juga nitendoDS. hahahaha bagi saya yang masih mahasiswa itu hal yang tidak mungikin untuk membeli yang ori.



pada psp seri 3000 pihak sony mulai untuk menangani serius masalah pembajakan , mereka membuat frimewere OFW (offical frime ware) yang dimana tipe psp ini tidak bisa memainkan game bajakan atau game-game dari memori stick. jadi awal-awal launcing psp 3000 banyak orang yang membeli handle ini namun mereka tertipu karena tipe ini tidak dapat memainkan game iso dan harus langsung memainkan lewat UMD.
tipe OFW sebagai berikut: 5.50 , 6.00 dll tanpa ada embel-embel dibelakangnya.

sedangkan tipe frimeware psp yang bisa memainkan game iso adalah
tipe CFW sebagai berikut: 3.00m33 ,4.00m33 ,5.00m33 ,5.50 gen D. dengan embel-embel dibelakangnya.
tapi tentu saja hacker didunia tidak tinggal diam melihat ketidak adilan yang terjadi, anda tentunya sudah tau dark_Alex yang menciptakan cfw chiken untuk psp 3000 dan psp go. sehingga yang tadinya psp tidak bisa dimainkan game bajakan malah dapat dimainkan dengan sepuasnya melalui memori stick , namun ada beberapa kondisi yang harus dipatuhi agar psp tidak bermasalah dalam menggunakan CFW chiken ini.
1.baterai tidak boleh habis full
2.tidak boleh di shutdown.
jika diantara itu kondisi dilanggar maka psp akan minta diinstal ulang cfw chiken, tapi tenang saja di forum-forum indonesia sudah banyak thread-thread yang mebahas tentang cara membajak psp menjadi hackan. intinya sehebat apapun pihak sony melakukan backup/proteksi dari bajakan maka pasti terbobol juga oleh para gamer-gamer dan hacker, jikalau console tersebut tidak dapat di hack maka akibatnya penjualan handle akan sedikit dan peminatnya tidak akan banyak dikarenakan harganya yang sangat gila.

jadi akhir kata saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya dalam membaca blog saya. tolong berikan komentar yang baik dan berbobot. (^_^)